AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR DI CIJALINGAN BELASAN JIWA MENGUNGSI. - Harian Ekspos

Breaking

Post Top Ad

AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR DI CIJALINGAN BELASAN JIWA MENGUNGSI.


SUKABUMI, harianekspos.com JAWA BARAT - Dalam satu malam terjadi banjir dan longsor di dua kampung di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 21:00 WIB sampai pukul 23:30 WIB, (23/4), akibat peristiwa tersebut belasan jiwa harus mengungsi rabu, (24/4/2019).

Camat Cicantayan, Sendi Apriadi mengatakan bahwa banjir pertama terjadi di Kampung Cisande RT 06, RW 03, Desa Cijalingan di akibatkan oleh hujan deras yang menyebabkan dinding sungai sepanjang 7 meter jebol sehingga airnya meluap dan merendam beberapa rumah warga.

"Luapan air tersebut menyebabkan dua rumah warga terendam dengan ketinggian air lebih kurang 0,5 meter, selain itu 10 kolam penangkaran ikan milik warga ikut terdampak, "kata Sendi kepada para awak media.

Camat mengungkapkan, longsor juga terjadi di Kampung Cijalingan RT08, RW03, Desa Cijalingan pada pukul 23:30 WIB, yang menimpa salah satu rumah milik warga yang berukuran 20x7 meter, selain itu satu rumah warga lainya terancam longsor susulan.

"Dari dua peristiwa tersebut sedikitnya tiga Kepala Keluarga yang berisi 17 jiwa harus mengungsi ke tempat yang aman, selain beresiko bencana susulan, rumah mereka pun tidak bisa dihuni untuk sementara karena ada beberapa kerusakan,"Ungkapnya

Sendi menjelaskan, peristiwa tersebut sudah ditangani sejak bencana terjadi dan masih berlanjut sampai hari ini (24/4) yang melibatkan pihak Kecamatan, Pihak Desa yang di pimpin langsung oleh Kades Cijalingan, Didin Jamaluddin , BPBD, Dinsos serta Pramuka peduli Cicantayan.

"Langkah yang sudah dilakukan berupa mengungsikan korban kerumah saudara terdekatnya dan memberikan sumbangan serta selimut untuk warga yang terdampak berikut menyelamatkan barang berharga milik mereka,  selain itu kami tengah mempersiapkan besi Bronjong, karung dan batu untuk menangani lokasi yang terdampak agar tidak terjadi bencana susulan,"pungkasnya 

Reporter: Ois
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages