ARTIKEL PENGERTIAN JURNALIS Oleh : Egi Maulana - Harian Ekspos

Breaking

Post Top Ad

ARTIKEL PENGERTIAN JURNALIS Oleh : Egi Maulana

                  ARTIKEL PENGERTIAN JURNALIS
                                Oleh : Egi Maulana

HARIANEKSPOS.COM - " Pengertian Jurnalistik Secara etimologis atau asal kata, istilah jurnalis atau dalam bahasa Ingrisnya journalism, dan dalam bahasa Belanda journalistiek, Berasaral dari perkataan prancis, journa yang artinya surat kabar (Adinegoro,1961). Istilah journa sendiri berasal dari kata lain, Diurna, yang artinya tiap hari, atau catatan harian (Muis,1996).

Sedangkan pelakunya di sebut Diurnarii (latin) atau dalam bahasa Ingris disebut journalist, yaitu orang yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah dan kemudian menyiarkan "Catatan-catatan harian" itu untuk kemudian diistilahkan berita. Sementara berdasarkan suku kata, istilah jurnalistik terdiri atas jurnal dan Istik. Jurnal berarti harian atau tiap hari atau catatan harian, sedangkan Istik mengandung makna seni yang merujuk pada istilah estetika yang berarti ilmu pengetahuan tentang keindahan. Dengan demikian. Secara maknawiyah, jurnalistik dapat diartikan sebagai sesuatu karya seni membuat catatan tentang peristiwa sehari-hari. Karya seni di maksud memiliki nilai keindahan yang dapat menarik perhatian publik (Pembaca, Pendengar, Pemirsa), sehingga dapat dinikmati dan di manfaatkan untuk keperluan hidupnya. Secara lebih luas, pengertian jurnalistik adalah seni dan keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayaknya, sehingga terjadi perubahan sikap, sifat pendapat, opini dan perilaku khalayak (feedback) sesuai dengan kehendak para jurnalisnya atau media masanya.

Sering perkembangan Ilmu jurnalistik, sejumlah pakar, praktisi, dan teoritisi komunikasi dan jurnalistik berupaya untuk mendefinisikannya dari berbagai sudut pandang masing-masing kendati, pada dasarnya memiliki makna yang hampir sama. me-meroleh arti yang lebih jelas dan komfrehensif mengenal jurnalistik, berikut jumlah definisi dari sejumlah pakar, tokoh dan teoritisi Ilmu komunikasi dan Ilmu jurnalistik berdasarkan sudut pandang dan interpretasi masing-masing.*

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages