PENGUSAHA KARPET RASFUR YONG, SUNDA WENANG, TEMBUS PASAR DUNIA - Harian Ekspos

Breaking

Post Top Ad

PENGUSAHA KARPET RASFUR YONG, SUNDA WENANG, TEMBUS PASAR DUNIA




SUKABUMI, harianekspos.com -
Mendapatkan sentuhan dari program dana bergulir dari Pemerintah Desa Sunda Wenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, usaha produksi karpet rasfur Yong melezit. Hasil karya pria berusia 37 tahun ini beredar hampir ke seluruh Negara bagian Indonesia. 5/9.

Pernah diberitakan oleh Sukabumi Ekspres sebelumnya mengenai usaha produksi Yong Suryana yang berhasil menjual karpet raspur melalui pasar online dan bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah perbulan. Ternyata kini usahanya semakin melezit karena tersentuh program dana bergulir Pemerintah Desa Sunda Wenang.

Pemilik usaha karpet Rasfur, Yong Suryana mengatakan, usahanya bisa berkembang cukup baik sebab mendapatkan bantuan dana bergulir dari desa sebesar Rp 30 juta. Dengan tambahan modal untuk usahanya itu, Ia bisa bertahan dari persaingan bisnis dan sulitnya memenuhi pesanan akibat melambungnya harga bahan baku.

"Alhamdulillah usaha berjalan lancar dan cakupan pemasaran sudah luas dan bisa menembus Papua. Selain itu kami juga menambahkan produk lainya seperti sofa, boneka dan lainya,"kata Yong kepada para awak media.

Yong mengungkapkan, perhatian dari Pemerintah Desa Sundawenang terhadap usahanya memang diakui sangat membantu. Bahkan efeknya terhadap lingkungan sekitar cukup baik, dari perkembangan usahanya kini ia bisa merekrut tenaga kerja lebih banyak dari sebelumnya.

"Untuk meningkatkan produksi, kini saya menambah pekerja. Awalnya hanya 6 sekarang sudah ada 10 pekerja,"ungkapnya.

Yong menjelaskan, untuk lebih mengembangkan usahanya ia mencoba mengikuti festival UMKM Jabar Juara Kabupaten Sukabumi yang telah dilaksanakan belum lama ini di Situgunung, Kabupaten Sukabumi.

"Alhamdulillah saya sempat mendapat apresiasi dari Bupati Sukabumi, Marwan Hamami melalui wawancara bersama beliau saat membahas cara pemasaran produk saya melalui sistem online,"ungkapnya.

Yong mengaku gembira bisa berbincang dengan orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi, meskipun hanya sekitar 20 menit saja. Terlebih saat ia mencoba meminta bantuan terkait pengembangan usaha dan di respon baik oleh Bupati melalui Kabid Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi.

"Alhamdulillah mudah-mudahan dengan program Bupati Sukabumi, Marwan Hamami para UMKM bisa meraih kami untuk membantu meningkatkan penjualan," pungkasnya .

Jurnalis: Ois

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages