Kurangnya Armada Mobil Tangki Air Bersih Untuk Menanggulangi Kekeringan Di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat - Harian Ekspos

Breaking

Post Top Ad

Kurangnya Armada Mobil Tangki Air Bersih Untuk Menanggulangi Kekeringan Di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat





GARUT, harianekspos.com - Kepala seksi perlindungan sosial korban bencana (KASI-PSKB) Dinas Sosial Kabupaten Garut Budiyana, A.K.S ditemui dikantornya Jln Patriot No.14 Sukagalih Kecamatan Tarogong kidul Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. menyampaikan kepada wartawan terkait kurangnya armada tangki air bersih InsyaAllah ditahun 2020 menurut informasi dari BPBD akan ada penambahan armada mobil tangki air bersih, begitupun dari pihak Provinsi sudah memberikan lampu hijau untuk mengajukan armada mobil tangki air bersih. Adapun sumber mata air yang kami ambil untuk proses pengisian tangki air bersih untuk wilayah garut utara bersumber dari mata air yang berada di sawah lega kecamatan sukawening dan dari mata air cinunuk berada di kecamatan Wanaraja, kalau untuk sebelah selatan bersumber dari PDAM kabupaten garut.

"Lanjut Budi menyampaikan. mohon maaf kepada pihak pemerintah dan PT pertamina (prsero) mohon ada kebijakan khusus untuk pengisian BBM untuk mobil tangki air bersih bisa menggunakan solar bersubsidi sehingga dapat meringankan biaya transfortasi karena lokasi di kabupaten garut akses jarak tempuh kelokasi sangat jauh harapnya, Rabu, 30/10/2019.

Ketua Forum Komunikasi Taruna Siaga Bencana Nasional (FK-TAGANA) Kabupaten Garut Sana Santana menambahkan. di kabupaten garut kemarau tahun ini sangatlah ekstrim, begitu pun  banyaknya permohonan air bersih yang diajukan dari tiap desa kami sampaikan permohonan maaf bagi desa yang telah mengajukan belum bisa terpenuhi dikarenakan baru punya satu armada. menurutnya dalam satu hari dari pagi sampai pukul 02.00 WIB malam kurang lebih menghabiskan 25.000 liter perhari untuk satu desa. (5000 liter x 5 rit/hari). Sana mengingatkan kepada pihak Kepala desa untuk bisa menyiapkan penampungan air ditiap titik rawan air bersih sehingga dapat memudahkan bagi kami untuk pendistribusian air bersih sehingga kami haya mengisi tiap-tiap titik penampungan air yang dapat dipergunakan oleh masyarakat umum, karena sementara ini warga mengisi langsung dengan menggunakan penampungan seadanya. Kedua kepada masyarakat sebaiknya harus menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta tidak menembang pohon yang dapat menjadi tempat penyerapan air, tuturnya.

Ketua bidang oprasi dan pengendalian TAGANA Tian Sutian menjelaskan terkait prosedur permohonan air bersih, sebaiknya pihak desa segera buat permohonan air bersih dikirimkan kepada pihak dinas sosial yang selanjutnya diberikan jadwal pengiriman sesuai disposisi, begitu pun ada beberapa kecamatan yang belum tersuplai air bersih diantaranya kecamatan limbangan, cibatu, kersamanah dan selawi sampai hari ini armadapun pengakut air bersih sekarang masih didesa mekar mukti, langsung ke cibalong, lanjut ke cisompet. Pungkasnya. 





Jurnalis: Beni

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages