Pelatihan Antisipasi Kebakaran Untuk Masayarakat Desa Bagendit Kecamatan Banyuremi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat - Harian Ekspos

Breaking

Post Top Ad

Pelatihan Antisipasi Kebakaran Untuk Masayarakat Desa Bagendit Kecamatan Banyuremi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat











GARUT, harianekspos.com - Pelatihan antisipasi bencana kebakaran dilaksanakan di Aula Desa Bagendit Jln KH Hasan Arief, Kecamatan Banyuremi Kabupaten Garut provinsi Jawa Barat. Kepala Desa Bagendit Eden Saleh dalam sambutannya menyampaikan kegiatan pelatihan antisipasi bencana kebakaran merupakan bagian dari agenda rencana pembangunan desa, yaitu dari sisi pembekalan terhadap pengurus Rw Desa Bagendit untuk antisipasi menghindari terjadi bencana kebakaran di desa Bagendit, senin 25/11/2019.

Lanjut Eden Saleh berharap setelah acara pelatihan ini bagi para Rw 01 sampai dengan Rw. 12. Dapat mensosialisasikan kembali terhadap warga masyarakat dilingkungan nya, Insya Allah diakhiri acarapun saya akan berikan tabung silinder pemadam kebakaran, ucapanya.

Ketua BPD Desa Bagendit Hasim, S.Pd mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan antisipasi bencana kebakaran yang dibina langsung oleh pihak damkar Kabupaten garut, dan kegiatan ini pun sebagai realisasi dari RPJMDes akhir tahun 2019, Ucapnya.

Dalam acara tersebut turut hadir ; Drs. H. Entang surahman, M. Si (Kabid pencegahan kebakaran), Heri Susanto, SE (Kasi pengurungan resiko kebakaran), Aggota Damkar Asep sopian, S.Ip, Asep Saepudin, S.Ip, Heri Pirmansyah, dan Fittriah Trasna Surahman, Anggota BPD, LPM, Babinsa sertu Antoni, Bhabinkamtibmas Bripka Dudi Irawan dan seluruh Rw desa Bagendit.          Kepala bidang pencegahan kebakaran Drs. H.Entang Surahman, M.Si menjelaskan yang disebut kebakaran adalah "api yang tidak terkendali" kebakaran bisa terjadi disebabkan oleh tiga unsur ; 1. Adanya bahan yang mudah terbakar misalnya terdapat benda cair ; bensin, solar, bensol, benda padat ; kayu, dus, dan gas. 2. Adaya oksigen (O2), dan ke- 3. Adanya panas diatas 200 derajat.

Begitupun proses rambatan api bisa terjadi karena radiasi kesamping, konfeksi kebawah, dan konduksi keatas, yang paling besar daya rambatanya terjadi ke posisi yang paling atas, Ucapnya.

H. Entang mengingat kan oleh karena itu maka hindari membakar sampah sembarangan, meninggalkan kompor gas, kompor minyak, atau jenis lainnya ketika memasak, dan mencabut benda-benda elektronik yang menempel di setop kontak secara terus menerus, serta lampu listrikpun tidak boleh dibiarkan terus menerus menyala, lebih baik bila bepergian lama sebaiknya dititipkan ke tetangga atau ketua Rt setempat untuk mematikannya.           Kepala seksi pengurangan resiko kebakaran Heri Susanto, SE. ditemui setelah pelatihan di halaman situ Bagendit menyampaikan, terkait desa yang pro aktif  terhadap antisipasi bencana kebakaran dari 442 desa baru ada tiga desa yang melaksanakan pelatihan langsung silaturahmi dari dinas kebakaran ke desa sesuai permohonan kepala desa. Adapun desa yang telah melaksanakan secara langsung antara lain; Desa Kersamenak, Desa Mancagaha, dan Desa Bagendit, akan tetapi sesuai program kami untuk perwakilan tiap desapun sudah dilaksanakan sebelum nya di dinas kebakaran kabupaten garut untuk pembekalan bagi warga masyarakat. Semoga pelatihan terhadap para Rw ini dapat bermanfaat bagi masyarakat mulai dari teknik menggunakan alat pemadam kebakaran, hingga teori pencegahan resiko kebakaran sejak dini, Pungkasnya. 





| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages