Kunjungan Kerja Gubernur Jawa Barat Sapa Warga Dan Lauching Desa Wisata Cinunuk Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Kunjungan Kerja Gubernur Jawa Barat Sapa Warga Dan Lauching Desa Wisata Cinunuk Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut







GARUT, harianekspos.com - Gubernur Jawa Barat H.Mochammad Ridwan Kamil, S.T, M.U.D dalam kunjungan kerja ke desa Cinunuk Kabupaten Garut Kecamatan Wanaraja Provinsi Jawa Barat, dalam acara Sapa Warga Gubernur Jawa Barat dan Launching Desa wisata Cinunuk, serta peresmian jembatan Jantung Desa Sukasenang Kecamatan Banyuresmi Minggu, 26/01/2020.

Turut hadir; Ketua Dekranasda provinsi Jawa Barat, Bupati Garut, Wakil Bupati Garut, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Kadis DPM Desa Provinsi Jawa Barat, Ketua APBDESI Jawa Barat, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Kadis DPM Desa Kabupaten Garut. Forkopimda Kabupaten Garut dan Forkofimcam Kecamatan Wanaraja, Forkofimcam Kecamatan Banyuresmi dan Tokoh Masyarakat.

Gubernur Jawa Barat H.Mochammad Ridwan Kamil disambut warga desa cinunuk dengan kesenian pencak silat dan kesenian boboyongan, asal kampung sindang sari desa cinunuk terlihat suasana  penuh kegembiraan dan kebahagiaan, Ucap salah satu panita pelaksana kesenian.

Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya menjelaskan ada bebrapa program desa untuk menuju Jawa Barat Juara (Jabar Juara), menurutnya baru ada 5 desa  yang baru diberi batuan mobil maskra (mobil aspirasi kampung juara), Ucapnya.

Lanjut H.Mochammad Ridwan Kamil, kelima desa tersebut diantaranya; 1.Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Tarogong Kaler, 2.Kepala Desa Samida Kecamatan Selaawi, 3.Kepala Desa Pangauban Kecamatan Cisurupan, 4.Kepala Desa Banjarsari Kecamatan Banyombong, dan 5.Kepala Desa Suka Laksana Kecamatan Samarang, Tuturnya.

Saya berpesan untuk para Kepala desa yang telah mendapatkan mobil MASKARA (Mobil Aspirasi Kampung Juara) dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, karena mobil yang Saya berikan merupakan tanda kasih sayang  untuk warga garut, didalam mobil Maskara banyak fasilitas dan serba guna, tersedia ; genset, sound sistem, meja tulis dan layar infokus. Fasilitas mobil maskara silahkan bisa digunakan untuk keperluan hajatan, kesehatan, alat transportasi dan infokusnya bisa juga digunakan untuk nonton bareng Persib, Ujarnya.

Menurut H.Mochammad Ridwan Kamil kaitan dengan desa wisata rohani cinunuk dan lauching desa wisata alam cinunuk kedepan harus lebih dipublukasikan secara online baik keunikan dan kegiatan wisatanya. Karena dalam menetukan desa wisata ada tinjauan khusus antara lain adanya keunikan dan kegiatan wisata, Imbuhnya.

Wakil Bupati garut  dr. Helmi Budiman memaparkan Bapak Gebenur Jawa Barat, atau dengan kata sapan akrabnya Kang Emil Beliau merupakan asli pituin Garut keturunan Kakenya dari kecamatan Banyuresmi dan Ibunya dari Kecamatan Limbangan, itu yang harus diketahui latar belakang keturunan, Ucapnya.

Lanjut dr. Helmi Budiman Kor-Bisnis Provinsi Jawa Barat adalah Pariwisata, mungkin sepertinya sejak jaman Belada Kabupaten Garut sudah dirancang menjadi tempat wisata dimana telah ditandai dengan adanya Hotel bintang 4 dan 5 pertama kali ada di Jawa Barat Tuturnya.

Terkait jumlah desa di Kabupaten Garut ada 421 Desa dan 21 Keluarahan. Menurutnya ada 20 Desa yang sangat berkeinginan untuk menjadi desa wisata. Salah satunya desa cinunuk, untuk desa cinunuk terdapat wisata religi Makam Muhammad Diwangsa (Eyang Papak) dan Makam Ibrahim Adjie. Untuk berkunjung ke desa cinunuk bisa juga melihat ada bebrapa benda peninggalan sejarah yang sangat menarik dan unik, serta memiliki seketsa wisata alam yang sangat baik, Ujarnya.

dr. Helmi Budiman berharap dengan ada desa wisata harus bisa berdampak positif pada ekonomi masyarakat garut secara keseluruhan, khusus disekitar desa wisata. Untuk mewujudkan hal itu diantaranya ada program pembuatan "Home Stay" (rumah warga yang dapat dipergunakan untuk menginap bagi para pengunjung wisata)"  Dimana rumah home stay itu sendiri disupport biaya nya dari dinas pariwisata Provinsi Jawa Barat, begitu pun adanya pengembangan usaha warga masyarakat dilingkungan desa wisata, Pungkasnya. 














Jurnalis: Beni
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages