KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI GELAR SOSIALISASI TERKAIT PIRUS CORONA DI SALAH HOTEL DI KOTA SUKABUMI - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TPI GELAR SOSIALISASI TERKAIT PIRUS CORONA DI SALAH HOTEL DI KOTA SUKABUMI





SUKABUMI, harianekspos.com -
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi  sosialisasikan kesiapsiagaan  dalam upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona dari sisi keimigrasian. Kegiatan yang melibatkan Dinas Kesehatan  dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Sukabumi digelar, di salah satu Hotel jalan Siliwangi Kota Sukabumi,(18/2).

" Selain melibatkan dinas terkait, dalam sosialisasi ini kami mengundang beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten sukabumi. Tujuannya untuk memberikan edukasi seputar kewenangan kantor imigrasi," ujar  Kepala Kantor Keimigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi,Nurudin, usai kegiatan.

Nurudin menjelaskan, ada 145 orang Warga Negara Asing (WNA) asal negara China di wilayah Kabupaten Sukabumi , di Kota Sukabumi terdapat  4 orang.  Pihaknya, memastikan keberadaan orang asing asal China yang tercatat baik yang kerja maupun yang tidak, semua dalam kondisi aman dari virus Corona.

"Dari sekian banyak WNA asal China yang tercatat di Kantor Imigrasi dipastikan aman dan tidak tekena virus Corona," ungkap dia.

Disini agar masyarakat memiliki pemahaman yang sama dengan Pemerintah, bahwa WNA yang tinggal 14 hari lebih lama sebelum munculnya adanya virus Corona menerjang, itu dipastikan aman dan sehat. tidak bisa dipungkiri
munculnya virus Corona yang menghantui secara Nasional, dan ada beberapa orang yang takut dan risau, untuk itu pihak imigrasi dan dinas kesehatan Kabupaten Sukabumi berkerjasama untuk memberikan pemahaman," jelasnya.

Untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia, kata nurudin, pihak Imigrasi memiliki kewenangan untuk menolak visa WNA China, yang pernah tinggal 14 hari. Kemudian orang yang datang ke Indonesia melalui imigrasi terindikasi mempunyai riwayat penyakit sebagai mana keterangan dinas kesehatan maka akan ditangani.

"Orang asing yang tinggal di Indonesia izin tinggal nya abis tidak bisa kembali ke negara nya maka memberikan izin perpanjangan tinggal darurat,di Sukabumi, Ungkapnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Gunantoro  mengatakan,Upaya yang sudah di lakukan oleh dinas kesehatan kabupaten Sukabumi mendapatkan Worning dari kementerian Kesehatan Pusat dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi langsung menyebarkan Kesiap Siagaan kepada seluruh jejaring, dinas kesehatan,Kerumah Sakit dan  Puskesmas, paparnya.

Lanjut Gunantoro, tugas Dinas Kesehatan  yang pertama apabila kita menemukan kasus yang diduga ada pirus Corona, Puskesmas punya tenaga Surveilans, kalau ada kasus turun kelapangan mengambil sempel dan lansung di kirim ke Laboratorium yang di tunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

dan apabila Masyarakat menemukan kasus Virus Corona harus langsung lapor ke Puskesmas ataupun Rumah sakit, tapi Alhamdulillah sampai saat ini belum ada yang terjangkit virus Corona, ada satu yang di Rumah Sakit Jakarta  itupun bukan penyakit Virus Corona,ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Gunantoro kepada para awak media.

Jurnalis: Ois

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages