Pemdes Gembongan Banyusari Realisasikan Dana Desa Tahap I Dibangun 2 titik TPT, 1 jembatan, 60 WC Program Arisan Jamban Dan Padat Karya Tunai - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Pemdes Gembongan Banyusari Realisasikan Dana Desa Tahap I Dibangun 2 titik TPT, 1 jembatan, 60 WC Program Arisan Jamban Dan Padat Karya Tunai




Karawang, harianekspos.com - Pemerintahan Desa Gembongan Kecamatan Banyusari Karawang Jawa Barat realisasikan Dana Desa (DD) tahap I Tahun Anggaran (TA) 2020. 

Anggaran bantuan keuangan dari Pemerintahan Pusat dialokasikan pada kegiatan percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan dengan membangun 2 titik Tembok Penahan Tanah(TPT), 1 jembatan dan sarana WC  60 program arisan jamban serta Padat Karya Tunai (PKT) yang melibatkan warga sekitar sebagai subyek pembangunan fisik.

Menurut Iding Suhardi,Kepala Desa Gembongan bahwa percepatan pembangunan fisik pedesaan di Desa Gembongan melibatkan tenaga kerja dari warga sekitar. Sehingga warga sekitar terlibat langsung dalam subyek pembangunan. Apalagi melalui Progam Karya Tunai (PKT) dapat membantu warga dalam mencari mata pencaharian untuk keluarga.

" Keterlimbatan warga dalam pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan sekali agar merasa memiliki program percepatan pembangunan fisik atau pembangunan infrastruktur dari berbagai jenis kegiatan pembangunan,"katanya pada Harianekspos.com, Sabtu (9/5/2020)

Dikatakan Kades Iding, dengan dibangunnya jembatan dan TPT serta pembersihan saluran air ke areal pertanian akan memperlancar pasokan air bagi ketahanan pangan di Kecamatan Banyusari. Apalagi Kecamatan Banyusari sebagai wilayah pertanian harus ditopang infrastruktur yang memadai.

"Jalan kearah pertanian harus bagus. Begitu pun sarana penunjang lainnya sepertin drainase, dan TPT harus  menjadi skala prioritas pembangunan infrastruktur pedesaan,"tandasnya

Ia juga menambahkan terkait kesehatan lingkungan dengan adanya program Arisan Jamban bagi warga sekitar. Maka warga tidak akan kesulitan lagi untuk buang air besar. Kedepannya tidak akan terlihat lagi jamban di aliran sungai maupun kali.

"Mari jaga kesehatan lingkungan. Dengan sehatnya lingkungan maka akan tercipta Desa Gembongan yang sehat dan bersih,"paparnya(dj/egi)

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages