Menteri BUMN Restui Pertamina Jual Aset-asetnya - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Menteri BUMN Restui Pertamina Jual Aset-asetnya

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dikabarkan memberi persetujuan kepada PT Pertamina (Persero) untuk menjual aset-asetnya demi menyelematkan kondisi keuangan perusahaan. Hal itu dibuktikan dari beredarnya surat berkop Kementerian BUMN dengan hal ‘Persetujuan Prinsip Aksi Korporasi untuk Mempertahankan Kondisi Kesehatan Keuangan Pertamina’ pada tanggal 29 Juni 2018.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno membenarkan adanya surat tersebut. Penjualan aset ini dilakukan sebagai antisipasi harga minyak mentah sebesar USD70 per barel yang sudah tidak sesuai asumsi makro. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) rata-rata harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) sebesar USD48 per barel.

Kondisi tersebut membuat Pertamina selaku penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar subsidi makin merugi. Pasalnya, selisih dana yang ditanggung perusahaan cukup besar sehingga menggerogoti keuangan perusahaan. Apalagi pemerintah juga menjamin tidak menaikkan harga BBM Premium dan Pertalite.

"Harus jaga-jaga waspada karena ICP kan naik. Pemerintah bersama-sama sedang mencari solusi terbaik untuk Pertamina," ujar Fajar. galamedianews
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages