Pileg 2019, Sebanyak 3 Partai Politik Tidak Mendaftarkan Calonnya - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Pileg 2019, Sebanyak 3 Partai Politik Tidak Mendaftarkan Calonnya

SUMEDANG, (PR).- Setelah pendaftaran bakal caleg  yang akan mengikuti Pileg 2019 ditutup oleh KPU Kabupaten Sumedang, Selasa 17 Juli 2018 tepat pukul 24.00, ada 3 parpol yang tidak mendaftarkan bakal calon legislatifnya. Ketiga parpol tersebut, antara lain Partai Hanura, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)  dan Partai Garuda.  Sementara parpol yang sudah mendaftarkan bakal calon legislatifnya, sebanyak 13 parpol. Jumlah total bakal calon legislatif yang akan mengikuti kontestasi Pileg 2019 dari 13 parpol tersebut mencapai sebanyak  597 orang.
“Hampir semua parpol mendaftarkan bakal calon legislatifnya dengan jumlah maksimal 50 orang, kecuali tiga parpol. Ketiga parpol tersebut, antara lain Partai Berkarya 25 orang, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 28 orang dan Partai Bulan Bintang 44 orang,” kata Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Sumedang Junan Junaidi di ruang kerjanya, Rabu 18 Juli 2018.
Menurut dia, para bakal calon legislatif yang sudah didaftarkan oleh parpolnya, bisa saja diganti dengan bakal calon legislatif lainnya apabila bakal calon legislatif bersangkutan tidak memenuhi persyaratan calon, mengundurkan diri atau meninggal dunia. Penggantian bakal calon legislatif, bisa dilakukan sebelum penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) 20 September nanti. “Penggantian bakal calon legislatif tersebut, tidak mengurangi ketentuan 30% keterwakilan bakal calon legislatif perempuan,” kata Junan.

Verifikasi

Setelah pendaftaran bakal calon legislatif ditutup, kata dia, tahapan selanjutnya berkas persyaratan calon akan diverifikasi hingga 31 Juli nanti. Apabila hasil verifikasi masih ada persyaratan calon yang tidak lengkap, harus segera dilengkapi oleh parpolnya. Persyaratan calon tersebut, seperti ijazah, tes kesehatan, SKCK (surat keterangan catatan kepolisian) dan surat terbebas dari tindak pidana dari pengadilan. “Setelah itu, baru menginjak pada tahapan pendataan  DCS (Daftar Calon Sementara), dari 8 sampai 12 Agustus nanti,” ucapnya.  
Dikatakan, tahapan selanjutnya yakni permohonan tanggapan masyarakat dari 12- 21 Agustus yang akan diumumkan di media massa. Masyarakat bisa memberikan masukan atau laporan kepada KPU terkait keberadaan bakal calon legislatif, baik lisan maupun tulisan. “Kalau lisan, harus direkam untuk bukti. Masyarakat pelapor pun, akan dicatat identitasnya. Tidak boleh surat kaleng.  Setelah itu, baru tahapan penetapan DCT tanggal 20 September,” kata Junan.*** pikiran-rakyat
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages