Bimtek Di SMPN Cilamaya Wetan Se Komisariat Cilamaya Kab- Karawang. - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Bimtek Di SMPN Cilamaya Wetan Se Komisariat Cilamaya Kab- Karawang.

KARAWANG, (Harian Ekspos) - Untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam mengoperasikan Aplikasi Tekhnologi Informasi Sirkulasi Barang Daerah (Atisisbada) dari mulai Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karawang memberikan pelatihan kepada para Bendahara, Operator, dan Kepala SMPN se-Komisariat Cilamaya, bertempat dikampus SMPN Cilamaya Wetan 1 Karawang, Senin (27/8/2018).

Sistem Atisisbada adalah aplikasi terpadu yang dipergunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah yang digunakan meningkatkan efektifitas implementasi dari berbagai regulasi bidang pengelolaan keuangan daerah yang berdasarkan pada asas efisiensi, ekonomis, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel.

Aplikasi ini juga merupakan salah satu manifestasi aksi nyata fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri kepada pemerintah daerah dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, dalam rangka penguatan persamaan persepsi sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah dalam penginterpretasian dan pengimplementasian berbagai peraturan perundang-undangan.

"Dengan diadakannya bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengguna aplikasi, sebagai entitas akuntansi dalam menyajikan laporan keuangan serta menunjang Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD)," ungkap  narasumber Staf Aset Daerah Dinas Pendidikan Karawang, Sunu Haryadi, dilokasi.

Kata Sunu, bahwa Bimtek se-Komisariat Cilamaya ini sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pengurus barang agar dalam mengelola Barang Milik Daerah (BMD) sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.



"Pengurus barang di sekolah perlu diberikan bimbingan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, karena pengelolaan aset memegang peran yang penting dalam mendukung pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Karawang," katanya.

Materi yang diberikan berkaitan dengan pentingnya penginputan belanja barang modal/aset daerah yang bersumber dari anggaran BOS pusat semester pertama tahun 2018, serta bantuan lain diluar BOS.

"Juklak dan juknis tatacara pengisian Atisisbada diberikan tim dinas kabupaten. Setelah mengikuti Bimtek ini diharapkan peserta dapat memahami dan melakukan tugas di sekolah, seperti pembuatan Kartu Inventaris Barang (KIB), Kartu Inventaris Ruangan (KIR), laporan aset bulanan dan tahunan. Sehingga laporan aset Dinas Pendidikan Karawang dapat selesai tepat waktu dan berkualitas," pungkasnya.

(Irwan/Egi)
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages