Panwascam Cilamaya Kulon Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Panwascam Cilamaya Kulon Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif


KARAWANG, (Harian Ekspos) -Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Cilamaya Kulon mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 di Sekretariat Desa Pasirukem.

Kegiatan sosialisasi tersebut melibatkan unsur Muspika Cilamaya Kulon, para LPM, serta BPD.

Pengawasan partisipatif yang dimaksud ialah melibatkan masyarakat untuk menjadi manusia aktif memantau sekaligus mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya.

Hal itu disampaikan pimpinan Panwaslu Kecamatan Cilamaya Kulon, Abidin SPdi, saat menyampaikan materi di acara sosilisasi partisipatif pemilu 2019, Rabu (21/11/2018).


Dikatakannya, untuk setiap potensi kecurangan atau pelanggaran yang terjadi, masyarakat secara aktif memiliki jalur langsung dengan pihak berwenang baik kepolisian maupun Panwas itu sendiri agar laporannya segera ditindak lanjuti.

“Jalur langsung dimaksud dapat memanfaatkan sistem komunikasi dan informasi agar efektif dan efisien,” terang Abidin.

Dengan sistem dan jalur yang langsung, lanjut Abidin, masyarakat akan memiliki kepercayaan dan keyakinan bahwa laporannya akan ditindaklanjuti.

“Satu di antara tantangan mekanisme pengawasan partisipatif ini adalah meningkatkan kemauan dan keaktifan masyarakat untuk melaporkan setiap ada pelanggaran atau kecurangan yang ditemui,” jelasnya.

Membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat tersebut merupakan kunci berhasil tidaknya strategi pengawasan, maka diperlukan sosialisasi yang masif dengan stekholder masyarakat, berbagai media dan alat peraga untuk memberitahu masyarakat tentang hak-hak politiknya.

Selain peningkatan kesadaran masyarakat, juga kedekatan komisioner atau anggota panitia dengan masyarakat menjadi kunci keberhasilan partisipatif.

“Masyarakat hanya akan mau mengambil inisiatif untuk terlibat dalam pengawasan pemilu secara aktif jika merasa dekat dengan Panwaslu,” terang Abidin.

Pelaksanaan sosialisasi dihadiri oleh Kanit Intel Polsek Cilamaya beserta anggotanya, Kasie Trantib Cilamaya Kulon beserta anggotanya

Liputan,(Irwanto/Egi)
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages