SMK WIKRAMA 1 Garut Adakan Seminar Pendidikan Tingkat Nasional Guru Solutif, Siswa Produktif Kabupaten Garut - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

SMK WIKRAMA 1 Garut Adakan Seminar Pendidikan Tingkat Nasional Guru Solutif, Siswa Produktif Kabupaten Garut





GARUT, HARIANEKSPOS.COM - Pendiri SMK Wikrama Indonesia Ir. Hj. Itasia Dina Sulvianti, M.Si adakan seminar pendidikan tingkat nasional  dengan tema guru solutif siswa produktif bertempat di kampus SMK Wikrama 1 Garut Jln. Otista Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler. Sabtu, 29/02/2020.

Ir. Hj. Itasia Dina Sulvianti, M.Si dihadapan peserta seminar mengucapkan Alhamdulillah rasa syukur kita semua bisa hadir bersama-sama di garut. Kita semua merupakan penentu nasib bangsa, ada hal penting bagi kita seorang guru untuk diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam menyampaikan ilmu kepada anak didik, kita harus berusaha bisa menjaga wudhu. Sebagai guru di Era. 4.0 (Jaman digital/internet) seorang guru harus memiliki solutif bagi peserta didik ; pertama bantu temukan bakat fitrahnya, kedua bantu rancang masa depannya, dan ketiga bantu tempa potensinya, dengan itu Insya Allah  anak didik kita akan menjadi produktif, selain itu kita sebagai guru harus siap menghadapi disrupsi (perubahan berbagai sektor akibat digitalisasi) atau sistem internet dalam segala hal, baik aspek pendidikan, ekonomi, dan pekerjaan, Ucapnya.  

Ir. Hj. Itasia Dina Sulvianti, M.Si menambahkan peran guru di Era 4.0 harus menjadi guru motivator bagi siswa didik, serta harus merubah sistem belajar satu arah antara murid dengan guru. Peran guru harus menjadi pendidik dan pengayom karena peran itu sesuatu yang tidak bisa digantikan, bila peran guru haya sekeder pengajar dalam proses belajar mengajar itu semua bisa digantikan dengan komputer, Tuturnya.     
Alhamdulillah alumni SMK Wikrama 1 Garut telah banyak diterima diperusahaan-perusahan ternama di Indonesia, serta dengan di dirikannya SMK Wikrama 1 garut ditahun 2011 semoga menjadi sekolah kebanggaan warga garut yang bisa mencetak generasi bangsa yang sholeh, produktif dan mampu bersaing di Era serba digital, Ujarnya. 

Oleh karena itu kami berharap bagi para peserta seminar untuk mengambil bagian untuk bisa bekerjasama dengan "SMK Wikrama 1 Garut terakreditasi "A" e-mail: smkwikrama1 garut@gmail.comhttp://smkwikrama 1 garut.sch.id. dimana SMK Wikrama memiliki nilai-nili Insan berkarakter;  Jujur Bersih, Hemat, Berja'mah dan Ikhlas Memberi, Tutupnya. 

Salah seorang HRD, Cerifed Internasional Bisnes Coach, Chief Operational Officer Kerjantara IO. Eki Susanto, CBC. Menambahkan makna guru yang solutif, artinya seorang guru itu tugasnya memfasilitasi pencapaian cita-cita siswa sesuai bakat yang harus dilakukan serta menjadi pembina karir yang baik untuk dapat menjadikan siswa yang produktif.   
Menurutnya Ada empat hal yang perlu kita ketahui dalam setiap siswa dalam hal kemaun dan kemampuan dirinya ; pertama ada siswa yang kemauannya tinggi tetapi kamapunnya rendah, kedua ada siswa kemauan dan kemampuannya sama rendah, ketiga ada siswa kemauan dan kemapuannya sama tinggi, dan ada juga siswa kemauannya rendah tapi kemapuannya tinggi, itu semua merupakan penentu sekil bagi tiap siswa, Ucapnya. 

Lanjut Eki Susanto, Saya sebagai HRD rekrutmen tenaga kerja mulai tahun 2013 mengenal SMK Wikrama. Dimana Alumni SMK Wikrama sangat banyak dibutuhkan dan disalurkan ke perusahaan terkenal diindonesia. Sebagai tolak ukur banyak hal alasan kandidat calon pekerja ditolak karena berbagai alasan diantaranya kurangnya etika, 25%, komunikasi (24%), tidak kuasi teknis 40 jam (19℅), dan tidak qualifed, Ujarnya. 

Eki Susanto berharap untuk semua siswa SMK Wikrama 1 Garut, dengan sekolah di SMK Wikrama ini akan membantu dari segi pembinaan akhlak, memiliki keterampilan sesuai bakat serta memiliki kompetensi yang mumpuni. Saya berharap pekerja Indonesia ini bukan hanya bagus secara teknis tetapi juga bagus secara moral. Semoga Alumni siswa SMK Wikrama 1 Garut ini  bisa sukses tanpa melupakan jati diri untuk membawa nama baik kabupaten Garut, Pungkasnya. 





Jurnalis: Beni
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages