Forum Group Discussion, Bahas Penanganan Bencana Banjir - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Forum Group Discussion, Bahas Penanganan Bencana Banjir





KARAWANG, harianekspos.com - Banjir di wilayah Jabodetabek, Jabar dan Banten tampaknya merupakan permasalah rutin setiap tahun. Kepala BNPB Doni Monardo menyikapi kondisi ini dengan mengajak multipihak berdiskusi untuk mencari solusi permanen penanganan banjir.

“Melalui FGD forum group discussion, kita mengharapkan masukan dari tiga provinsi serta para pakar sehingga kita dapat menghasilkan solusi ke depan dalam mengelola ekositem dan mengurangi dampak bencana,” ujar Doni pada kegiatan yang dihadiri oleh Menteri PMK Muhadjir, Gubernur Jabar, Gubernur DKI, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana serta sejumlah Kepala Daerah lainnya di Graha BNPB, pada Senin (2/3). Doni menegaskan bahwa permasalahan banjir tidak dapat diselesaikan secara sektoral tetapi dengan kolaborasi.

“Kita perlu menyusun program terintegrasi baik dari hulu, tengah hingga hilir,” tambah Doni.

Sehubungan dengan penanganan banjir di wilayah Provinsi Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan secara bersama, seperti terkait penyelarasan regulasi antar wilayah administrasi yang berbeda terkait penanganan daerah aliran sungai atau rekayasa sipil.

Gubernur Emil menyampaikan pihaknya telah berupaya untuk terus mengurangi potensi bahaya banjir dengan berbagai kegiatan. Pemerintah Provinsi telah menyiapkan lahan seluas 12.000 hektar yang akan dihutankan pada tahun ini sehingga kawasan itu akan dapat menjadi tangkapan air hujan dan mampu mencegah banjir dan longsor. Namun Ridwan menekankan juga pentingnya nilai ekonomi dari lahan yang akan dihutankan tersebut.

Selain itu, ia menginovasi gerakan penanaman 50 juta pohon. “Penanaman ini melibatkan masyarakat, mereka yang Bahagia akan menanam pohon. Mereka yang mau menikah, yang naik pangkat, atau mendapatkan IMB,” katanya.

(Red/Hms)
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages