27.418 KPM Garut Terindikasi Data Ganda Bansos 2020 Dibekukan Sementara, Kabupaten Garut - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

27.418 KPM Garut Terindikasi Data Ganda Bansos 2020 Dibekukan Sementara, Kabupaten Garut





GARUT, harianekspos.com - Kepala Bidang penaganan fakir miskin Kabupaten Garut Dadang Bunyamin ditemui wartawan di kantor Dinas Sosial Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Senin, 16/03/2020.

Dadang Bunyamin menjelaskan sesuai surat edaran Kementerian Sosial No: 343/6.2/DI.01/02/2020 Kepala pusat data dan informasi kementerian pertahanan (Pusdatin) kementerian sosial Nomor : ND 290/1.7/02/2020 tanggal 07/02/2020 perihal data indikasi ganda sesuai PMK RI Nomor 228/PMK.05/2016 Tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 254/PMK.05/2015 Tentang bantuan sosial pada kementrian negara atau lembaga pasal 7 ayat 1 ; "Direktorat penaganan fakir miskin wilayah 1 akan melaksanakan seleksi pemutakhiran data penerima data penerima bantuan sosial". 

Adapun pemuktahiran data fakir miskin telah dilaksanakan oleh tim kordinator bantuan sosial pangan daerah, kabupaten kota melalui kordinator daerah, tim kordinator bantuan sosial pangan dan pendamping PKH selama 14 hari yang telah  berakhir pada tanggal 09/03/2020. Adapun hasil pemutakhiran terindikasi data ganda; Pertama Ganda Identik (GI) artinya;  "Satu KPM memiliki dua kartu", Kedua Ganda Keluarga Identik (GKI) artinya "Satu kartu keluarga medapatkan dua kartu suami dan istri".   

Sesuai surat edaran pusdatin data ganda diseluruh kabupaten/kota direktorat penanganan fakir miskin yang tersebar di semua wilayah satu indikasi kartu ganda berjumlah; Enam rataus lima puluh enam ribu tiga ratus tiga puluh enam (656.336) Kelurga Penerima Manfaat (KPM).

Sementara itu untuk wilayah Garut  terindikasi dua puluh tujuh ribu empat ratus delapan belas (27.418) KPM, dimana terdiri dari; Ganda Identik (GI) Delapan belas ribu delapan ratus delapan puluh satu (18.881) KPM, sedangkan Ganda Keluarga Identik (GKI) sejumlah (8.537) KPM, dimana data KPM tersebut akan di bekukan oleh kementrian sosial untuk sementara waktu sesuai surat edaran yang saya terima, Ucapnya.

Kordinator bantuan pangan kementerian sosial Kabupaten Garut Wina Winarti, SE. Menambahkan bagi KPM Ganda Identik (GI) pemilik dua kartu baik kartu PKH dan kartu BPNT atau Ganda Keluarga Identik (GKI) bagi suami istri yang memiliki dua kartu salah satunya akan segera diaktifkan kembali, Ucapnya.

Lanjut Wina Winarti, SE berharap bagi warga masyarakat Garut dengan adanya penonaktifan kartu ganda yang dilakukan kementerian sosial diharapkan segera melaporkan ke tiap TKSK kecamatan masing-masing dimana nantinya akan diperbaiki sesuai identitas yang sebenarnya bagi pihak kelurga penerima manfaat, artinya satu kartu keluarga satu kartu, atau satu identitas.   
Begitu juga bagi pemilik kartu PKH nantinya bisa digunakan juga sebagai kartu bantuan sosial pangan sembako artinya satu kartu ada dua isi uang, uang cash untuk PKH dan uang elektronik untuk sembako. 

Selain itu kami berpesan bagai KPM pemilik kartu jangan sampai dipindah tangankan keorang lain dalam pengambilan uang, atau pun sembako dan tidak boleh di kolektifkan oleh seseorang atau siapapun. Bagi pemilik kartu ATM bila terjadi kesalahan PIN, atau pemblokiran akibat kelaliaan, maka bisa langsung ke Bank BNI untuk diperbaiki, Ujarnya.

Ditempat terpisah pihak Bank BNI kabupaten Garut mendapatkan kunjungan silaturahmi dari beberapa warga masyarakat untuk menyampaikan berbagai keluhan yang terjadi pada pihak KPM, yang terindikasi kartu ganda, hilang kartu ATM, salah pin, dan keluhan lain yang disampaikannya.

Menurut salah satu warga kampung Cibunuang  Desa Bagendit Anisa Mulyani sudah tiga bulan tidak mendapat bantuan sosial pangan (sembako) dari bulan Januari sampai  bulan maret 2020. Alhamdulillah dan saya ucapkan terimaksih kepada pihak Bank BNI Bapak Denny Hermansyah yang telah membatunya dimana kartu yang dimilikinya dapat dipergunakan kembali dan sekaligus dapat dicairkan sekaligus tiga paket, Pungkasnya. 

Jurnalis: Beni
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages