Kepala Desa Binakarya Dan Camat Banyuresmi Kunjungi Rumah Jompo Desa Binakarya Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Kepala Desa Binakarya Dan Camat Banyuresmi Kunjungi Rumah Jompo Desa Binakarya Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat




GARUT, harianekspos.com - Kepala Desa Binakarya Asep Zaenal Aripin menyampaikan terkait program Rumah tidak layak huni (Rultilahu) yang ada di Desa Binakarya tertunda karena dampak adaya musibah Covid-19. Desa Binakarya Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Senin, 08/06/2020.

Asep Zaenal Aripin menyampakai dengan adaya satu rumah yang tidak layak huni yang dihawatirkan membahayakan pihak keluarga. Kami Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan Banyuresmi sudah meninjau lokasi bertempat di Rw.09 Kampung Taneh Berem. Ucapnya.

Menurutnya Pemerintah Desa Binakarya Alhamdulillah untuk tahun 2019 telah mendaptkan dua program rutilahu dengan besaran nominal sepuluh juta rupiah (10.000.000) dari Bapak Bupati yang diajukan melaui Pemeritah Kecamatan Banyuresmi dimana lokasinya pertama di kampung Ranca Ucing, dan kedua di kampung Sarlega. Untuk yang di kampung Taneuh Berem  Rw. 09 Rencananya Tahun 2020, Ujarnya.

Lanjut Asep untuk tahun 2020 ada 15 Program rumah tidak layak huni (Rutilahau) dengan anggaran lima belas juta  (15.000.000) per unit, namun tertunda karena adaya musibah dampak Covid-19. Dimana anggran Tahun 2020  dipergunakan untuk penanggulangan Covid-19 terlebih dahulu sesuai perintah dan petunjuk pemerintah pusat. Terkait untuk salah satu rumah yang kami kunjungi yang sangat membahayakan itu Insya Allah dalam waktu dekat bersama Pak Camat segera diperbaiki, Tuturnya.

Camat Banyuresmi Drs.H.Nurrodhin,M.Si menjelaskan Rutilahu ini merupakan tanggung jawab kita semua, pemerintah wajib hadir ditengah kebutuhan Masyarakat, Tegasnya.

Rencana kita sesuai pertemuan bersama Kepala Desa dan ketua Rw akan rehab secepatnya adapun langkah awal memindahkan keluarga pemilik rumah ketempat saudaranya, karena nampaknya ibu tersebut  sudah ada upaya untuk merehab rumah karena terlihat dari adaya bahan matrial bata dan kayu, Ucapnya.

Ketua Rw.09 Kampung Taneh Berem Agus Supriadi mengucapkan rasa syukur atas kedatangan Kepala Desa dan Pak Camat dengan harapan untuk segera dilaksanakan renovasi rumah warganya.

Menurut Agus warga kami yang bernama Suparjo (83) dan Omasih (80) rumahmya sudah terdaftar dalam ajuan program rutilahu 2020 walaupun kerusakan rumah tersebut baru satu tahun terlihat rusak berat. Terkait rutilahu dilingkungan Rw 09 sendiri sudah ada satu program rutilahu dari pemerintah Desa Binakarya yang sudah terlaksana, secara bertahap, Ujarnya. 

Insya Allah dengan adanya pertemuan hari ini mudah-mudahan segera diperbaiki dan akan kita musyawarahkan dahulu dengan tokoh masyarakat untuk melaksanakan gotong royong untuk saling membantu, Harapnya.

Ketua Lembaga Sosial Masyarakat LSM Perkara DPC Garut Harun Ar-Rasyid Menambahkan setelah kami kunjungi rumah tersebut sangatlah miris, dan tidak layak untuk dihuni, apalagi dikhawatirkan roboh, Ujarnya.

Harun Ar-Rasyid berharap untuk masyarakat disekitarnya bisa saling bahu - membahu untuk  membatu sesama kita yang membutuhkan, dan juga untuk pemerintah Garut bagi Dinas Sosial (DINSOS), dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk sama-sama  bisa membantu meringankan beban saudara kita yang ada di Desa Binakarya, Pungkasnya.

*BENI*
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages