Kementrian PUPR Laksanakan P3A D.I Parigi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

Kementrian PUPR Laksanakan P3A D.I Parigi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat




GARUT, harianekspos.com - Kementrian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Sumber daya air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)  Cimanuk - Cisanggarung laksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI), Daerah Irigasi ( D.I Parigi) bertempat di kampung Pasirwaru Rt.02/03 Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Minggu, 02/08/2020.


Sebagai ketua pelaksana P3A Sinar Tani, Iing Karmita  menyampaikan terkait peroses pembangunan irigasi ini merupakan aspirasi warga masyarakat para petani yang selalu mengalami kekeringan dengan luas lahan pertanian sekitar 50 Hektar. Ucapnya.

Terkait anggaran dana sebesar Seratus sembilan puluh lima juata rupiah (Rp.195.000.000,-) dengan ukuran Panjang 450 M (225 M kiri-kanan) dan Lebar 80 CM, waktu pelaksanan 60 Hari Kerja.

Alhamdulillah baru berjalan 3 Minggu dimulai pada tanggal 11/07/2020 sampai hari ini,  dengan melibatkan 17 Pekerja. Untuk Ahli  bangunan (tukang) pembayaran Seratus ribu rupiah (Rp.100.000,-) dan pendampinganya (laden) pembayaran Delapan puluh lima ribu rupiah (Rp.85.000,- ) dan bahan matrial sudah menghabiskan 12 truk pasir dan 14 truk batu serta semen 75 Sak. Ujarnya.

Iing menjelaskan dengan adanya pembangun irigasi ini bertujuan agar air lancar dan tidak terhambat. Bila sawah-sawah terairi dengan lancar Insya Allah para petani diharapkan bisa panen dua kali.

"Parapetani sebenarnya sangat susah mendapatkan air untuk mengairi sawah, terkadang kami tadah (menunggu) Air hujan, untuk mengairinya"

Lanjut  Iing menjelaskan sebenarnya ada beberapa kendala poko dari kurangnya Air irigasi ke tempat kami;

Pertama pengaturan irigasi dari pintu irigasi Bagendit  adanya ketimpangan (kurang adil)  sebaikya pengelola bijaksana. Kedua kami berharap pintu air dari copong masuk ke Situ Bagendit biar nantinya saluran irigasi tersier ini bermanfaat. Harapnya.

Ditempat terpisah salah satu pekerja Deni menuturkan kami mewakili pekerja mengucapkan trimakasih dengan adanya proyek ini sehingga kami bisa bekerja. 

Karena kami asli warga kampung pasirwaru bersama pekerja lainya suka saling mengingatkan agar mengerjakan proyek ini dengan benar jangan asal-asalan, karena semua hasilnya kembali untuk kemanfaatan kita semua, Ujarnya. 

Raihan Maldi, selaku pengawas pembangunan irigasi tersier (Gerbang air) menyampaikan,  dengan dibuatnya irigasi tersier ini diharapkan dapat memudahkan air untuk mengalir kesawah-sawah masyarakat. 

Dengan dialiri air ini dapat sangat menguntungkan bagi masyarakat Desa Bagendit yang berprofesikan petani. Kami berharap semua pihak mendukung atas pelaksanan program P3A ini, dan berharap semua anggaran dapat terserap untuk kepentingan masyarakat petani, Ucap Raihan Maldi (Pengawas/Mahasiwa).

(Beni)

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages