FKW Musi Rawas Adakan Sekolah Jurnalis Perdana - Harian Ekspos

Breaking News

Post Top Ad

FKW Musi Rawas Adakan Sekolah Jurnalis Perdana





Musi Rawas, harianekspos.com - Forum Komunikasi Wartawan Musi Rawas (FKWM) Kabupaten Musi Rawas Mengadakan Sekolah Jurnalis yang diselenggarakan di Gedung BLK Kabupaten Musi Rawas, senin (28/09/2020). Dihadiri oleh Kepala Diskominfo Musi Rawas M Rozak, Ketua Umum FKWM Musi Rawas Zainuri, Sekertaris umum Ali Mu’ap Dewan Pengawas/Pemateri Dodi Candra, S. Sos dan Peserta Sekolah Jurnalis FKWM Musi Rawas.

Sekolah jurnalis ini diadakan dalam rangka membuka wawasan jurnalis kepada para anggota jurnalis, Serta membahas berbagai permasalahan dan persoalan yang biasa dihadapi para jurnalis ketika melakukan tugas peliputan khusunya di kabupaten Musi Rawas.
 
"Kegiatan ini akan kami laksanakan setiap hari senin selama lima minggu ke depan, Sekolah Jurnalis ini untuk bersama belajar dan mengerti tentang dunia jurnalistik, terutama bagi wartawan baru. Beliau berharap hasil Pembelajaran yang diperoleh dapat diterapkan dan digunakan dengan baik.," kata Ketua FKWM, ZAINURI, usai membuka acara perdana di gedung BLK Musi Rawas.


Dalam sambutan Bupati Musi Rawas yang disampaikan Kepala Diskominfo Mura M Rozak, Sekolah Jurnalis FKWM dengan tema “Jadikan Jurnalis Beretika dan Profesional” dapat memberikan pengetahuan dasar jurnalis sebagai langkah awal bagi wartawan untuk menjadi seorang jurnalistik.

“Saya menyambut baik dilaksanakannya sekolah/pendidikan jurnalistik FKWM, Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pengetahuan tentang dasar jurnalistik pemula dan kaidah-kaidah jurnalisme umum, memberikan pemahaman tingkat lanjut tentang kode etik jurnalistik serta berbagi rasa dan cerita tentang aplikasi jurnalisme lapangan,” Ucap kepala diskominfo mura.
 
Sedangkan materi/Kurikulum yang diberikan kepada peserta terdiri dari  :  
 
1. Sejarah jurnalistik dan jurnalistik kekinian.
2. 9 Elemen Jurnalistik.
3. Kode etik Jurnalistik.
4. Persiapan menjadi Jurnalistik.
5. Tehnik mencari sumber berita.
6. Identifikasi berita dan narasumber.
7. Tehnik wawancara formal dan investigasi.
8. Tehnik menulis berita softnews, straghtnews, indepth news & Narasi Investigasi. 
9. Pengelolaan pasca berita.
10. Managemen jaringan.
11. Dan lain lain. 
 
Serta langsung mempraktekkan semua teori yang didapat peserta di akhir acara.
 
"Kita lakukan pendampingan langsung kepada peserta untuk mempraktekkan sistem kerja jurnalis," jelas Dodi Chandra selaku pemberi materi dalam pelatihan ini. 
 
Pelaksanaan kegiatan ini terhitung  dari hari ini, Senin (28/09/2020). Karena itu dalam pelaksanaanya FKW Musi Rawas berkordinasi dengan Dinas Dinas yang nantinya akan membantu memberi materi kepada para peserta FKW Musi Rawas, dan juga akan menggandeng Narasumber yang terkait, untuk penyelenggaraan sekolah jurnalis ini.
 

"Ini merupakan bentuk usaha untuk berkontribusi di dunia kejurnalistikkan, agar nanti dalam menjalankan prakteknya sebagai jurnalis tidak menyimpang dari akidah, agar tidak melanggar kode etik sebagai seorang jurnalis, "tutup Dodi chandra.

(RILIS/ABK97)
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Post Bottom Ad

Pages