Bupati Pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kab. Majalengka




MAJALENG, harianekspos.com - Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kab. Majalengka Tahun 2021, Pemkab Majalengka dalam hal ini dipimpin oleh Bupati selenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pilkades bersama unsur Forkopimda, Rakor berlangsung di Gedung Yudha,  Selasa (02/03/2021).

Rakor tersebut diikuti oleh Ketua DPRD,  Wakil Bupati,  Sekda, unsur Forkopimda Kab. Majalengka, para Asisten Daerah,  Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD terkait, para Camat se-Kab. Majalengka. 

Dalam keterangannya Bupati Majalengka,  Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd.,  menyampaikan bahwasanya rapat ini digelar sebagai upaya persiapan segenap unsur baik Pemkab Majalengka beserta unsur Forkopimda menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak di 127 Desa se-Kab. Majalengka, dimana Pilkades serentak tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Mei 2021 mendatang, adapun proses pemungutan suara nantinya akan menggunakan sistem berbasis Tempat Pemungutan Suara (TPS) di RT. 

"Nanti pemungutan suara tidak lagi dipusatkan di Balai Desa akan tetapi dilaksanakan di tiap-tiap RT, kalau RT-nya ada 10, TPS nya pun ada 10, jadi sistem ini akan dijalankan mengingat saat ini dalam masa Pandemi Covid-19 dan juga untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus melindungi masyarakat dari Covid-19," ungkap Bupati  

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, dalam pelaksanaannya Pilkades harus benar-benar ketat mempedomani protokol kesehatan, sehingga nantinya kita tidak ingin gara-gara Pilkades ini ada kenaikan kasus terkonfirmasi positif di Kab. Majalengka, selain itu Satgas Covid-19 nantinya akan secara ketat memetakan Pilkades dengan pola Covid-19.

Masih dikatakan Bupati, mengenai beban biaya dalam penyelenggaraan Pilkades kali ini akan ditanggung sepenuhnya oleh APBD. Pilkades serentak yang diikuti oleh 127 Desa ini semua biayanya ditanggung dari APBD dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 6,8 Miliar, dari alokasi anggaran tersebut untuk mengcover semua kebutuhan mulai dari Honor, TPS , kartu suara dan lain-lainnya. Begitu juga jika terjadi kekurangan akan diserahkan kepada APBD.

(red)

Post a Comment

0 Comments